Abstract :
Abstrak
Siti Nuraeni, NIM : H.1611285. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan
Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Tajur 05 Citeureup-Bogor, Skripsi
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan Hubungan
Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa Pada Siswa Kelas IV
SDN TAJUR 05 Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa
tingkat hubungan polah Asuh orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa
memiliki nilai yang signifikan. Berdasarkan hasil output koefisien korelasi
diketahui bahwa hubungan variabel pola asuh orang tua dan kemandirian belajar
siswa sebesar 0,431 artinya tingkat hubungan antara variabel pola asuh (x1) dan
variabel kemandirian belajar (x2) sebesar 4,31. Hasil ini menunjukan korelasi pola
asuh orang tua sangat baik terhadap kemandirian pola belajar siswa.
Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar