Abstract :
ABSTRAK
Teti Hayatunupus, NIM: H.1611330 Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap
Akhlak Siswa Di SDIT Bumi Putera. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2020.
Tujuan utama dari pendidikan adalah membina akhlak siswa agar memiliki pribadi?pribadi yang terpuji dan senantiasa menjadi kebiasaan siswa dalam kehidupan sehari?hari. Faktanya, pendidikan akhlak tersebut dilatarbelakangi oleh kompetensi
kepribadian guru yang mumpuni karena tujuan dari pelaksanaan kompetensi
kepribadian guru salah satunya adalah untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki
sikap dan prilaku yang terpuji baik ditinjau dari segi norma-norma agama maupun
norma-norma sopan santun dan tatakrama yang berlaku dimasyarakat. Penelitian
korelasional ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi
kepribadian guru dengan akhlak siswa di SDIT Bumi Putra. Penelitian ini mengambil
sampel populasi sebanyak 43 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel
secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket,
wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya penelitian ini memaparkan analisis deskriptif
dengan menggunakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji
linieritas dan menggunakan pengujian product momen, koefisien determinan dan uji
signifikan. Berdasarkan hasil pengukuran terhadap variabel akhlak siswa, didapatkan
rata-rata (mean) sebesar 62. Nilai tengah (median) sebesar 62, Nilai yang sering muncul
(modus) sebesar 64, dan standar deviasi sebesar 5,49. Selanjutnya, berdasarkan hasil
pengukuran terhadap variabel kompetensi kepribadian guru didapatkan rata-rata (mean)
sebesar 61. Nilai tengah (median) sebesar 62, Nilai yang sering muncul (modus) sebesar
64, dan standar deviasi sebesar 6,64. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan
menggunakan uji regresi linier sederhana dengan perolehan persamaan Y = 1,00002 +
0,068 X. Adapun besar pengaruh antara kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak
siswa sebesar 67% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya berdasarkan uji
T maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang dan signifikan antara
kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak siswa di SDIT Bumi Putra dengan nilai
Thitung > Ttabel yakni 9,207 > 2,027 perbandingan ini menunjukkan hasil yang signifikan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru dapat
meningkatkan akhlak siswa menjadi semakin baik.
Kata kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak Siswa