Abstract :
ABSTRAK
Tiya Fitri Fauziah, NIM: H.1611205. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Atas Di Sekolah
Dasar Kecamatan Cigudeg. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Kurangnya keterampilan guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran
sehingga siswa cepat bosan dan jenuh pada saat pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas
mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar kecamatan
cigudeg. Variabel penelitian ini adalah kreativitas mengajar guru (X) dan motivasi
belajar siswa (Y) dengan responden 30 guru dan 30 siswa. Data diambil dengan
metode kuesioner. Pengolahan data memakai teknik analisis regresi dengan taraf
signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan pada BAB sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan
yang positif antara Kreativitas Mengajar guru dengan Motivasi Belajar Siswa di
Sekolah Dasar Kecamatan Cigudeg. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil
perhitungan uji korelasi antara variabel X dan variabel Y diperoleh skor sebesar
0,715, sedangkan untuk rtabel dengan N= 30 pada taraf 5% diperoleh 0,361 jelas
bahwa rxy > rtabel. Koefisien korelasi menunjukkan skor 0,715 maka dapat
dikatakan hubungan antara variabel X dan variabel Y adalah hubungan yang kuat.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi dilanjutkan menghitung koefisien
determinasi maka dapat diperoleh R-Square sebesar 0,493 yang berarti bahwa
Kreativitas Mengajar Guru memberikan kontribusi terhadap Motivasi Belajar
Siswa sebesar 49,3%. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini adalah Ha
diterima yang berarti terdapat pengaruh antara variabel X (Kreativitas Mengajar
Guru) dengan variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) di Sekolah Dasar Kecamatan
Cigudeg.
Kata kunci : Kreativitas Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa