DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN DUKUH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Hasanah, Uswatun
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-04-05 03:25:48 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kepercayaan diri peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil pengamatan pada mata pelajaran Matematika guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Dukuh pada mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan adalah korelasi fungsional dengan menggunakan analisis regresi dengan mengumpulkan data melalui angket, data yang disajikan dalam bentuk angka dan nilai. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian peserta didik SDN Dukuh Citeureup Bogor sebagian besar belum memenuhi indikator kepercayaan diri dalam kegiatan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik SDN Dukuh. Hal ini dapat dibuktikan dengan diperoleh nilai thitung > ttabel (5,612>1,705), sehingga H0 ditolak, maka yang artinya kepercayaan diri berpengaruh terhadap hasil belajar. Kata kunci : Hasil belajar, Kepercayaan diri, Pembelajaran Matematika. Korespondensi: (Uswatun hasanah) (Telp. 085772854032) (uswatun hasanah 4779@gmail.com) 
Institution Info

Universitas Djuanda