Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kepercayaan diri peserta didik dalam
proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil pengamatan pada mata pelajaran
Matematika guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian
ini untuk Mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN
Dukuh pada mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan adalah korelasi fungsional
dengan menggunakan analisis regresi dengan mengumpulkan data melalui angket, data yang
disajikan dalam bentuk angka dan nilai. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian peserta
didik SDN Dukuh Citeureup Bogor sebagian besar belum memenuhi indikator kepercayaan
diri dalam kegiatan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kepercayaan
diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik SDN Dukuh. Hal ini dapat dibuktikan
dengan diperoleh nilai thitung > ttabel (5,612>1,705), sehingga H0 ditolak, maka yang
artinya kepercayaan diri berpengaruh terhadap hasil belajar.
Kata kunci : Hasil belajar, Kepercayaan diri, Pembelajaran Matematika.
Korespondensi:
(Uswatun hasanah)
(Telp. 085772854032)
(uswatun hasanah 4779@gmail.com)