Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap kewirausahaan serta
pengetahuan kewirausahaan baik secara simultan maupùun secara parsial terhadap
keberhasilan usaha UMKM Makanan Minuman Kecamatan Ciawi Kabupaten
Bogor. Kuesioner didistribusikan kepada 75 responden yang diambil dengan teknik
sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada anggota koperasi. Metode analisis
data menggunakan skala likert untuk analisis regresi linear berganda, analisis
koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji-F dan uji-t. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa variabel sikap kewirausahaan serta pengetahuan
kewirausahaan secara simultan maupun secara parsial berpengaruh terhadap
keberhasilan usaha UMKM Makanan Minuman Kecamatan Ciawi Kabupaten
Bogor. Adapun tanggapan pelaku usaha terhadap variabel sikap kewirausahaan
memiliki nilai interpretasi sangat baik, sedangkan tanggapan untuk variabel
pengetahuan kewirausahaan memiliki nilai interpretasi baik. Variansi dalam
keberhasilan usaha dapat dijelaskan oleh variabel sikap kewirausahaan dan
pengetahuan kewirausahaan melalui model, sedangkan sisanya dari variabel lain
yang tidak diteliti, seperti kemampuan/ketrampilan, pendidikan, pengalaman, serta
kreativitas dan inovasi. Disarankan pelaku usaha dapat melakukan evaluasi
terhadap setiap aktivitas usaha dan menjadikan peluang sebagai tantangan. UMKM
dapat memberikan pelatihan atau pendidikan mengenai cara memahami
kepribadian guna memimpin usaha UMKM diusahakan untuk melakukan
sosialisasi dan pengarahan dengan bekerjasama dengan pihak Dinas UKM
Kabupaten Bogor mengenai pentingnya melihat, mengakui, dan menghargai
potensi pihak pesaing karena agar produk yang dihasilkan tidak kalah oleh pesaing.
Kata Kunci: Sikap Kewirausahaan, Pengetahuan Kewirausahaan, Keberhasilan
usaha.