Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mengenai kualitas jasa dan
citra resort terhadap loyalitas pelanggan kelas kamar superior pada Kinasih Resort
Bogor baik secara simultan maupun parsial. Kuesioner didistribusikan kepada 100
pelanggan yang dijadikan sampel. Kuesioner tersebut menggunakan uji validitas
dan uji reliabilitas serta melakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan
tanggapan rata-rata pelanggan pada kualitas jasa (baik), citra perusahaan (sangat
baik), loyalitas pelanggan (baik). Berdasarkan hasil analisis koefisian korelasi
menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara kualitas jasa dan
citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan, dari hasil koefisien determinasi dapat
dijelaskan sebesar 75% oleh kualitas jasa dan citra perusahaan dan 25% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti kepuasan
pelanggan. Adapun analisis regresi berganda dari uji F (simultan) dan uji t (parsial)
menyatakan bahwa kualitas jasa dan citra perusahaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan kelas kamar superior pada Kinasih Resort
Bogor.
Kata kunci : kualitas jasa, citra resort, loyalitas pelanggan