Abstract :
ABSTRAK
Fitri Melinda. NIM : H.1611394. Pengembangan Media Pembelajaran
Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas
III SDN Tajur 04 pada Materi Pecahan. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda
Bogor. 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran
matematika berbantuan powtoon yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
kelas III SD pada materi pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development)
dengan prosedur pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap
define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan
disseminate (penyebarluasan). Data yang digunakan adalah observasi dan
penyebaran angket. Hasil akhir dari penelitian ini berdasarkan hasil validasi ahli
media yang dilakukan oleh dua ahli media mendapatkan rerata skor 85,47 yang
termasuk dalam kategori ?sangat valid? dan rerata skor 72,26 yang termasuk
dalam kategori ?valid? diperoleh dari ahli materi serta kepraktisan media
pembelajaran ini mendapatkan rerata skor 95,83 yang termasuk dalam kategori
?sangat praktis? yang diperoleh dari validasi kepraktisan guru SD. Kesimpulan
dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran matematika berbantuan
powtoon ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi
pecahan kelas III SD di luar maupun dalam kelas.
Kata Kunci: Matematika, Media, Powtoon