Abstract :
ABSTRAK
PATIMAH NURSAIDA. NIM: H. 1210650. ?HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI
BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA MATA PELAJARAN
IPA DI SDN NANGGEWER MEKAR CIBINONG?.Skripsi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor. 2016
Sekolah Dasar Negeri Nanggewer Mekar Cibinong Kelas 2 memiliki siswa sebanyak
22 orang. Menurut pengamatan di lapangan dan informasi dari guru, masih banyak siswa
yang mengalami kesulitan belajar, terlihat dari siswa yang jarang masuk ke sekolah, tidak
bersemangat menerima pelajaran serta kurang aktif dalam mengerjakan soal latihan maupun
pekerjaan rumah yang di berikan oleh guru, sehingga hasil belajarnya pun menjadi kurang
memuaskan karena masih banyak nilai di bawah standar kelulusan yakni dibawah 70. Tujuan
penelitina ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil
Belajar Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran IPA di SDN Nanggewer Mekar Cibinong. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen
penelitian menggunakan kuesioner dan tes. Jumlah sampel penelitian sebanyak 22 orang
siswa.
Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak. Dengan demikian Ha
yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan
hasil belajar IPA siswa pada taraf signifikansi 5% dapat diterima. Hal ini dapat dilihat dari
hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji ?t? dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7.037 >
2,100. Motivasi belajar dari penelitian ini telah dibuktikan mampu memprediksi hasil belajar
siswa sebesar 71.2%. Hal ini berarti motivasi belajar merupakan salah satu faktor penentu
keberhasilan belajar siswa yang cukup menentukan dibanding dengan faktor lainnya seperti
ketersediaan sarana-prasarana, metode pembelajaran, dan lain sebagainya
Kata Kunci : Motivasi belajar siswa, Hasil belajar siswa,IPA.