Abstract :
PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PREFERENSI KONSUMEN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA TRANSPORTASI BUS
PARIWISATA PT. ADIBUZZ MITRA GEMILANG BOGOR
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifiaksi pengaruh persepsi
harga dan preferensi konsumen baik secara simultan maupun parsial terhadap
keputusan pembelian jasa transportasi bus pariwisata PT. Adibuzz Mitra Gemilang
Bogor. Kuesioner didistribusikan kepada 65 responden yang diambil dengan teknik
purposive sampling dengan kriteria; konsumen telah menggunakan jasa dan
berkendara seharian menggunakan bus di PT. Adibuzz Mitra Gemilang Bogor dan
konsumen dilihat cukup dewasa untuk mengisi kuesioner minimal berusia 17 tahun.
Kuesioner teruji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan juga uji asumsi klasik.
Hasil dari pengujian tersebut valid, reliabel, dan dapat dipakai untuk data regresi.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan
verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga dan
preferensi konsumen baik secara simultan maupun parsial berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian jasa transportasi bus pariwisata
PT. Adibuzz Mitra Gemilang Bogor. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2
)
59,1% sedangkan sisanya sebesar 40,9%. Hubungan antara persepsi harga dan
preferensi konsumen kuat dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,769.
Kata kunci: Persepsi harga, Preferensi konsumen, Keputusan pembelian