Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan orientasi
pasar terhadap keunggulan bersaing pada UMKM kuliner di Kota Sukabumi dan
untuk megetahui variabel mana yang paling dominan antara digital marketing dan
orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing pada UMKM kuliner di Kota
Sukabumi. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM kuliner di Kota Sukabumi
yang terdiri dari 324 UMKM kuliner. Pengambilan sampel yang berjumlah 100
UMKM kuliner dilakukan dengan purposive sampling. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik
pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka.
Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini
menunjukkan secara simultan dan parsial bahwa variabel digital marketing dan
orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing
pada UMKM kuliner di Kota Sukabumi. Faktor dasar yang paling dominan
mempengaruhi keunggulan bersaing pada UMKM kuliner di Kota Sukabumi adalah
digital marketing.
Kata Kunci: Keunggulan Bersaing, Digital Marketing, Orientasi Pasar.