DETAIL DOCUMENT
KEUNGGULAN BERSAING BERBASIS DIGITAL MARKETING DAN ORIENTASI PASAR PADA UMKM KULINER DI KOTA SUKABUMI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Fadli, Khaerul
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-04-21 04:41:37 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing pada UMKM kuliner di Kota Sukabumi dan untuk megetahui variabel mana yang paling dominan antara digital marketing dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing pada UMKM kuliner di Kota Sukabumi. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM kuliner di Kota Sukabumi yang terdiri dari 324 UMKM kuliner. Pengambilan sampel yang berjumlah 100 UMKM kuliner dilakukan dengan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan dan parsial bahwa variabel digital marketing dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM kuliner di Kota Sukabumi. Faktor dasar yang paling dominan mempengaruhi keunggulan bersaing pada UMKM kuliner di Kota Sukabumi adalah digital marketing. Kata Kunci: Keunggulan Bersaing, Digital Marketing, Orientasi Pasar. 
Institution Info

Universitas Djuanda