Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen serta pengaruh
faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian pada
produk Kedai Mimicucu di Kota Bogor baik secara simultan maupun parsial.
Objek penelitian ini adalah faktor budaya, sosial, pribadi, sedangkan subjek dari
penelitian ini adalah konsumen Kedai Mimicucu sebanyak 50 konsumen yang
dijadikan sampel. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Prosedur
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dan studi
lapangan (kuesioner dan wawancara). Metode pengujian instrument
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data menggunakan
analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien
determinasi dan uji signifikasi secara simultan dan parsial. Hasil penelitian ini
sebagai berikut : 1) tanggapan yang memiliki nilai tertinggi yaitu faktor budaya
dengan nilai 4,23 dengan kategori sangat tinggi; 2) nilai koefisien korelasi sebesar
0,772 yang menunjukkan korelasi atau hubungan dari variabel independen dengan
variabel dependen memiliki korelasi yang termasuk kuat; 3) nilai koefisien
korelasi sebesar 0,595 atau 59,5% yang artinya keputusan pembelian konsumen
Kedai Mimicucu sebesar 59,5% dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi
dan psikologis sedangkan 40,5% dipengaruhu oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam penelitian ini; 4) secara parsial dan simultan faktor budaya,
sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian.
Kata kunci : faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis dan keputusan pembelian