Abstract :
ABSTRAK
Ajeng Audia Anggraeni, NIM. H.1710147. Hubungan Kemampuan
Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar IPA Kelas IV Pada Masa Pandemi Covid-19
di SDN Sindangsari 2 Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kemampuan berpikir kritis
siswa yang belum berkembang dengan baik dan mengakibatkan nilai hasil belajar
IPA yang masih rendah. Dengan keadaan pembelajaran jarak jauh ini membuat
siswa kurang dalam memahami pembelajaran IPA dikarenakan siswa diharuskan
untuk mengamati, dan menyimpulkan materi dengan belajar hanya melalui Grup
WhatsAapp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara
kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar IPA kelas IV pada masa pandemi
covid-19 di SDN Sindangsari 2. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Jumlah responden yang digunakan
untuk menjadi sampel yaitu 53 siswa dengan teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan nilai
r hitung yaitu 0,336 dengan dibandingkan pada r tabel didapat dari 53-2= 0,2706
maka, r hitung > r tabel atau 0,336 > 0,2706, dimana hasil tersebut menunjukan
bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis dengan
hasil belajar IPA. Dengan besar hubungannya yaitu R square 0,113 atau jika
dipresentasikan sama dengan 11,3% maka, hubungan yang terjalin antara
kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar IPA yaitu, sebesar 11,3% dan
sisanya 88,7% itu berhubungan dengan variabel lainnya. Dari hasil penelitian ini
didapatkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan
hasil belajar IPA kelas IV pada masa pandemi covid-19 di SDN Sindangsari 2
Bogor.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar IPA