Abstract :
ABSTRAK
Annisa Wahyu Wulandari. NIM: H.1710317 ?Pengaruh Perhatian Orang
Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa
Kelas III SDN Cileungsi 02?. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021.
Prestasi belajar matematika pada masa pandemi covid-19 kini menjadi
permasalahan dan kendala bagi guru, siswa, dan orang tua. Orang tua pada masa
pandemi dituntut untuk ikut serta dalam proses pembelajaran anak dirumah.
Perhatian orang tua kepada anak dengan membimbing dan memfasilitasi
kebutuhan belajar anak dapat membantu meningkatkan kemauan anak dalam
belajar sehigga dapat mengingkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini dilakukan
untuk menjawab permasalahan terkait Apakah terdapat Pengaruh Perhatian Orang
Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa
Kelas III SDN Cileungsi 02. Penelitian yang dilakukan penulis dengan
pendekatan kuantitatif. Untuk menguji hipotesis, dilakukan analisis deskriptif
dengan teknik analisis regresi sederhana. Subyek penelitian sebanyak 45
responden, yaitu siswa kelas III SDN Cileungsi 02 Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik angket untuk memperoleh data perhatian orang
tua (X) dan teknik dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar
matematika (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat Pengaruh
Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi
Covid-19 Siswa Kelas III SDN Cileungsi 02. Hal ini ditunjukkan dengan Hasil
dari uji normalitas didapatkan lebih besar dari 0,05 yakni 0,826 Sehingga dapat
dikatakan berdistribusi normal. Dan Hasil dari uji linearitas didapatkan lebih besar
dari 0,05 yakni 0,166 Sehingga dapat dikatakan berhubungan linear. Hasil
koefisien regresi yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu = ax + b = 18,715x +
0,515. Koefisien Determinasi menghasilkan data R2
= 0,174 dengan hasil 0,174 x
100 % = 17,4 % dan 82,6% diukur faktor lain. Maka dapat dikatakan adanya
pengaruh antara variabel X (perhatian orang tua) dengan variabel Y (Prestasi
belajar matematika). Maka dapat dikatakan adanya pengaruh antara variabel X
(perhatian orang tua) dengan variabel Y (Prestasi belajar matematika).
Kata kunci: Perhatian Orang tua, Prestasi Belajar Matematika