DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS III SDN CILEUNGSI 02
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Wulandari, Annisa Wahyu
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-04-22 03:10:28 
Abstract :
ABSTRAK Annisa Wahyu Wulandari. NIM: H.1710317 ?Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas III SDN Cileungsi 02?. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021. Prestasi belajar matematika pada masa pandemi covid-19 kini menjadi permasalahan dan kendala bagi guru, siswa, dan orang tua. Orang tua pada masa pandemi dituntut untuk ikut serta dalam proses pembelajaran anak dirumah. Perhatian orang tua kepada anak dengan membimbing dan memfasilitasi kebutuhan belajar anak dapat membantu meningkatkan kemauan anak dalam belajar sehigga dapat mengingkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan terkait Apakah terdapat Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas III SDN Cileungsi 02. Penelitian yang dilakukan penulis dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menguji hipotesis, dilakukan analisis deskriptif dengan teknik analisis regresi sederhana. Subyek penelitian sebanyak 45 responden, yaitu siswa kelas III SDN Cileungsi 02 Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket untuk memperoleh data perhatian orang tua (X) dan teknik dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar matematika (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas III SDN Cileungsi 02. Hal ini ditunjukkan dengan Hasil dari uji normalitas didapatkan lebih besar dari 0,05 yakni 0,826 Sehingga dapat dikatakan berdistribusi normal. Dan Hasil dari uji linearitas didapatkan lebih besar dari 0,05 yakni 0,166 Sehingga dapat dikatakan berhubungan linear. Hasil koefisien regresi yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu = ax + b = 18,715x + 0,515. Koefisien Determinasi menghasilkan data R2 = 0,174 dengan hasil 0,174 x 100 % = 17,4 % dan 82,6% diukur faktor lain. Maka dapat dikatakan adanya pengaruh antara variabel X (perhatian orang tua) dengan variabel Y (Prestasi belajar matematika). Maka dapat dikatakan adanya pengaruh antara variabel X (perhatian orang tua) dengan variabel Y (Prestasi belajar matematika). Kata kunci: Perhatian Orang tua, Prestasi Belajar Matematika 
Institution Info

Universitas Djuanda