DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBASIS APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Suprihatin, Asri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-04-22 03:22:15 
Abstract :
ABSTRAK Asri Suprihatin. NIM: H.1710504. Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar IPA. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi pada permasalahan proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini hampir seluruh siswa kelas IVB memperoleh nilai pada mata pelajaram IPA tergolong rendah dibanding mata pelajaran yang lain. Hal ini terbukti pada hasil ulangan UAS IPA semester ganjil tahun 2020/2021 yang menyatakan bahwa nilai tertinggi pada ujian Semester Ganjil IPA SD IT ALIF adalah 80 nilai terendahnya yaitu 63 Sedangkan rata ? ratanya adalah 70. Nilai rata ? rata tersebut berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah yakni 75. Saat proses pelaksanaan, pembelajaran sudah menerapkan sistem daring namun faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA yaitu penggunaan teknologi pembelajaran yang hanya memanfaatkan satu teknologi saja yaitu aplikasi WhatsApp dan kurangnya kreatifitas guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran yang kemudian guru menyajikan pelajaran hanya sebatas menugaskan dibuku siswa saja. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar daring belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT ALIF kabupaten Bogor pada semester Genap Tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 34 Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil akhir penelitian terlihat dari nilai rata ? rata hasil posstest siswa yang mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting pada kelas eksperimen yaitu 85,35 lebih tinggi dari nilai rata ? rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan aplikasi WhatsApp yang biasa digunakan guru pada kelas kontrol yaitu 77,53. Hipotesis yang digunakan dengan menggunakan rumus Independent Sample T-Test dengan nilai sig 0,000 < 0,05 artinya H? ditolak dan H? diterima. Jadi, kesimpulan pada penelitian ini adalah Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Zoom Cloud Meeting Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD IT ALIF Kabupaten Bogor. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu aplikasi zoom cloud meeting efektif untuk hasil belajar siswa. Kata Kunci: Aplikasi zoom cloud meeting, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam 
Institution Info

Universitas Djuanda