Abstract :
ABSTRAK
Asri Suprihatin. NIM: H.1710504. Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi
Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar IPA. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi pada permasalahan proses pembelajaran pada masa
pandemi covid-19 ini hampir seluruh siswa kelas IVB memperoleh nilai pada mata pelajaram
IPA tergolong rendah dibanding mata pelajaran yang lain. Hal ini terbukti pada hasil ulangan
UAS IPA semester ganjil tahun 2020/2021 yang menyatakan bahwa nilai tertinggi pada ujian
Semester Ganjil IPA SD IT ALIF adalah 80 nilai terendahnya yaitu 63 Sedangkan rata ? ratanya
adalah 70. Nilai rata ? rata tersebut berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang
ditetapkan oleh sekolah yakni 75. Saat proses pelaksanaan, pembelajaran sudah menerapkan
sistem daring namun faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA yaitu penggunaan
teknologi pembelajaran yang hanya memanfaatkan satu teknologi saja yaitu aplikasi WhatsApp
dan kurangnya kreatifitas guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran yang kemudian
guru menyajikan pelajaran hanya sebatas menugaskan dibuku siswa saja. Sehingga dapat
dikatakan bahwa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar daring belum optimal. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi
Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar IPA.
Penelitian ini dilaksanakan di SD IT ALIF kabupaten Bogor pada semester Genap Tahun
ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 34 Siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control
Group Design.
Hasil akhir penelitian terlihat dari nilai rata ? rata hasil posstest siswa yang mengikuti
pembelajaran IPA dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meeting pada kelas eksperimen
yaitu 85,35 lebih tinggi dari nilai rata ? rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran
dengan menggunakan aplikasi WhatsApp yang biasa digunakan guru pada kelas kontrol yaitu
77,53. Hipotesis yang digunakan dengan menggunakan rumus Independent Sample T-Test
dengan nilai sig 0,000 < 0,05 artinya H? ditolak dan H? diterima. Jadi, kesimpulan pada
penelitian ini adalah Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Zoom Cloud Meeting Berpengaruh
Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD IT ALIF Kabupaten Bogor. Rekomendasi yang dapat
diberikan yaitu aplikasi zoom cloud meeting efektif untuk hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Aplikasi zoom cloud meeting, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam