Abstract :
ABSTRAK
Ervin Agia Tamy. NIM : H.1710704. Pengaruh Penggunaan E-Learning Google
Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Skripsi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor
2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran daring selama pandemi yang
berdampak padatingkat pemahaman dan hasil belajar siswa. Beberapa siswa memiliki
nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada mata pelajaran matematika
yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 74. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran tersebut adalah karena guru belum bisa memaksimalkan pemanfaatan
teknologi dalam proses pembelajaran daring. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu
untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan E-Learning Google
Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan
di SDN Sindangsari 2 Kabupaten Bogor pada semester genap Tahun Pelajaran
2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa. Metode
penelitian yang digunakan dalam peneitian ini yaitu metode quasi eksperimen atau
eksperimen semu dengan desain Nonequivalent kontrol Group Design. Hasil akhir pada
penelitian ini terdapat pengaruh signifikan penggunaan E-Learning Google Classroom
terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD, hal ini berdasarkan keputusan H1 = ?A
? ?B rata-rata nilai hasil posttest siswa kelas eksperimen yaitu 80.33 lebih tinggi dari
rata-rata nilai hasil belajar posttest kelas kontrol yaitu 65.90. Hasil perhitungan hipotesis
statistik menggunakan rumus Independent Sample T-Test dengan t = 3.793 dan hasil
nilai sig 2-tailed 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil
penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan E-learning Google Classroom
berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD.
Kata Kunci : Google Classroom, Hasil Belajar, Matematika