Abstract :
ABSTRAK
Galeri Nopianti NIM: H.1710265 Hubungan Video Pembelajaran Terhadap
Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Purwasari Pada Masa Pandemi
Covid. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa sehingga
membutuhkan media yang cocok digunakan saat pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan
hasil observasi terhadap proses pembelajaran IPA diperoleh informasi siswa kurang
tertarik pada mata pelajaran IPA, kurangnya media yang mendukung pembelajaran
jarak jauh sehingga hasil belajar IPA masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan video pembelajaran terhadap minat belajar IPA siswa kelas V.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Purwasari Kecamatan Cicurug Kabupaten
Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kuantitatif korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V
yaitu sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi
dan kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket yang
sebelumnya sudah diuji tingkat validitasnya. Instrumen pengumpulan data
menggunakan angket skala Likert dengan 5 pilihan jawaban yaitu sangat setuju, setuju,
ragu-ragu, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yakni 6,821 > 1,673 untuk taraf kesalahan 5% dan
hasil signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan hasil Uji
Koefisien Korelasi yaitu sebesar 0,684 atau berada pada rentang 0,60 ? 0,799, yang
berarti tingkat hubungan antara video pembelajaran dengan minat belajar IPA adalah
berada dikategori korelasi tinggi (kuat). Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan
terdapat hubungan antara video pembelajaran terhadap minat belajar IPA siswa kelas
V di SDN 1 Purwasari.
Kata Kunci: Minat Belajar, IPA,Video Pembelajaran