Abstract :
ABSTRAK
Maulida Apriani. NIM: H. 1710660. Pengaruh Peran Orang Tua
Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SDIT Raudlatul Jannah Cibedug
Kecamatan Ciawi- Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021.
Penelitian dilakukan berdasarkan kenyataan yang ada bahwa pelaksanaan
pembelajaran daring mengembalikkan peranan orang tua dalam membimbing
siswa pada kegiatan belajar dirumah. Terutama untuk terus memberikan motivasi
belajar dengan keadaan saat ini. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan hanya
dengan memberikan tugas yang sesuai dengan pembelajaran di buku tema. Selain
itu, kendala lain yang muncul yaitu saat orang tua harus bekerja dan siswa tidak
ada yang mendampinginya untuk pelaksanaan belajar yang dilakukan. Penelitian
yang dilakukan untuk dapat mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap
motivasi belajar. Pelaksaan penelitian dilakukan di SDIT Raudlatul Jannah
Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor 2020/2021. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan desain korelasi kausalitas. Pengumpulan data penelitian
menggunakan wawancara, kuesioner atau angket dan dokumentasi. Teknik yang
digunakan yaitu sampling nonprobability, populasi yang digunakan kelas 2B dan
C dengan sampel berjumlah 55 responden. Intrumen penelitian diujikan
menggunakan uji validitas dengan Product Momen dan uji reliabilitas
menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai kesalahan sebesar 0,381 atau 5%.
Data kemudian dianalisis dengan regresi sederhana diperoleh Y=35,254+0,205x
dan R Square sebesar 0,039 atau 3,9% dan 96,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Pada analisis uji signifikansi didapatkan thitung sebesar 1,463 < ttabel sebesar 2,006
dimana Ho diterima dan Ha ditolak, artinya bahwa tidak adanya pengaruh yang
signifikan antara perang orang tua terhadap motivasi belajar.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring