Abstract :
ABSTRAK
Meliana Utami. NIM: H.1710314 Hubungan Antara Bimbingan Orang Tua
Dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa Di Sdn Cibeureum 01 Pada Masa
Pandemi Covid-19. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan
orang tua dengan tanggung jawab belajar siswa di SDN Cibeureum 01 tahun
ajaran 2020/2021 pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa di SDN CIBEUREUM 01 yang berjumlah 623 siswa
dengan sampel penelitian sebanyak 244 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Uji validitas menggunakan penilaian ahli dan butir
instrumen dengan rumus Korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan
rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis menggunakan Analisis statistik
deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai
signifikansi yaitu 0,000 > 0,05 maka bimbingan orang tua dengan tanggung jawab
belajar siswa berkorelasi dengan interpretasi nilai 0,330. Berdasarkan data
tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan orang tua dengan tanggung
jawab siswa di SDN Cibeureum 01 pada masa Pandemi Covid-19 memiliki
korelasi dengan derajat hubungan sebesar 10,9% yaitu rendah.
Kata Kunci: Bimbingan Orang Tua, Pandemi Covid-19, Tanggung Jawab Belajar