Abstract :
ABSTRAK
Reni Nurhayati. NIM: H.1710022. Pengaruh Penggunaan Media Sosial
Youtube Terhadap Hasil Belajar IPA disekolah Dasar. Skripsi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor 2021.
Latar belakang permasalahan penelitian di SDN Marinjung yaitu masih
rendahnya hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini memiliki
tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Sosial Youtube
Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN Marinjung pada kelas IV Tahun ajaran
2021/2022. Pada Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif pre?experimental, dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest Posttest. Populasi
pada penelitian ini yaitu keseluruhan peserta didik kelas IV SD Negeri Marinjung
dengan sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik dalam mengumpulkan data
pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes pilihan ganda. Uji validitas
menggunakan penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus korelasi Product
Moment. Uji reliabilitas pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus
Alpha Cronbach dan Uji prasyarat yang digunakan adalah dengan uji normalitas,
kemudian dilakukan uji hipotesis yaitu paired sample t-test maka: diperoleh
perbedaan hasil belajar, pada data pretest diperoleh nilai rata-ratanya yaitu 54, 00
dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 30%, sedangkan pada posttest nilai rata?ratanya yaitu 75,25 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 75% sehingga dapat
diketahui bahwa terjadi peningkatan pada nilai rata-ratanya sebesar 21,25.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan tingkat kepercayaannya yaitu
95%. Diperoleh nilai p-value sig 0,000, sig (2- tailed) 0,000 < dari 0,05, Sehingga
????0 ditolak dan ???????? diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh
dari penggunaan media sosial youtube terhadap hasil belajar IPA.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Media Sosial Youtube