Abstract :
ABSTRAK
Rismawati, NIM. H. 1710570 Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Jujur
Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di SDN Ciadeg 04 Kecamatan
Cigombong, Kabupaten Bogor, Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidak jujuran peserta didik di SDN
Ciadeg 04 yang menyebabkan sebagian peserta didik melakukan kecurangan dalam
mengerjakan tugas dan ujian, dimana peserta didik melakukan plagiarisme dari
internet. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisipsikan langkah?langkah pembentukan karakter jujur selama pembelajaran daring, mengetahui
penguatan dan perbaikan pembentukan karakter jujur selama pembelajaran daring,
dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter
jujur selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif jenis studi kasus yang dilakukan secara mendalam. Dengan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang
menggunakan analisis data tematik, dimana terdapat 5 langkah analisis yaitu: (a)
Biasakan diri dengan tema; (b) Hasilkan kode awal; (c) Mencari tema; (d) Tinjauan
tema; (e) Tentukan tema. Peneliti mengunakan member checking sebagai validasi
data hasil temuan. Hasil penelitian yaitu: (1) Langkah-langkah pembentukan
karakter jujur pada kelas rendah yaitu dengan diberikan pesan-pesan moral,
perencanaan pembelajaran, dan pemberian penguatan. Pada kelas tinggi pemberian
penguatan, keteladanan, dan pengarahan yang beragam; (2) Penguatan dan
perbaikan pembentukan karakter jujur pada kelas rendah yaitu penguatan berupa
pemberian hadiah, memberikan perbaikan melalui penekanan. Pada kelas tinggi
yaitu memberikan penguatan melalui penekanan, pengarahan, keteladanan,
pendekatan, dan penghargaan. Serta perbaikannya melalui keluarga dan melakukan
pemberitahuan pada siswa; (3) Faktor pendukung dan penghambat pembentukan
karakter jujur pada kelas rendah yaitu pembelajaran dilakukan di rumah dan
lingkungan sekolah, serta dukungan dari lingkungan sekolah, lingkungan keluarga,
dan pemberian penghargaan. Kelas Tinggi yaitu penghambatnya pembelajaran
dilakukan di rumah. Dukungannya yaitu melalui lingkungan keluarga, lingkungan
dari lingkungan, dan dukungan insting. Rekomendasi penelitian ini yakni guru
dapat lebih memperhatikan pembentukan karakter jujur terutama di masa
pembelajaran mendatang.
Kata kunci : Strategi Guru, Karakter Jujur, Pembelajaran Daring