Abstract :
ABSTRAK
Shelvia Dwi Alfianti. NIM : H.1710383 Peran Media Sosial Dalam Perubahan
Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V SDN Cijujung 01 Sukaraja. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor. 2021.
Media sosial merupakan sebuah media online dan sarana interaksi sosial masa
kini, yang memudahkan penggunanya berbagi informasi dan menjalin komunikasi
secara online . perilaku sosial merupakan perbuatan seseorang berupa perkataan,
tindakan serta sifat seseorang dalam menanggapi orang lain serta memerlukan
sosialisasi dalam berperilaku yang harus orang lain terima.Penelitian ini bertujuan
untuk : 1. menggambarkan bagaimana kegunaan media sosial bagi peserta didik,
2. dampak yang ditimbulkan dari media sosial, 3. pola perilaku sosial peserta
didik kelas V di SDN Cijujung 01 .Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cijujung
01. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V (lima) yaitu 5 orang
peserta didik . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa Peserta didik
kelas V menggunakan media sosial sebagai media komunikasi seperti
berkomentar dengan pengguna lain, sebagai jejaring sosial seperti untuk
memperluas jaringan pertemanan dan sebagai dunia pendidikan membantu peserta
didik dalam pembelajaran online. Dampak positif media sosial bagi peserta didik
yaitu untuk 1) memperbanyak pertemanan dari berbagai wilayah, , 2) sebagai
media bersosialisasi dan beradaptasi, 3) sebagai media hiburan karena bosan
dalam pembelajaran online Sedangkan media sosial menimbulkan dampak negatif
bagi peserta didik kelas V-D seperti 1) mempengaruhi perilaku sosial menjadi ke
arah negatif , 2) mengurangi waktu belajar peserta didik, 3) merusak moral peserta
didik dengan melihat video atau konten yang tidak mendidik serta mempengaruhi
bahasa peserta didik. Pola perilaku peserta didik kelas V-D, 1) memperlihatkan
perilaku kepedulian dengan menunjukan perilaku mudah bergaul dengan teman ,
2)Peserta didik kelas V memperlihatkan perilaku empati terhadap teman sebaya
warga sekolah dan orang lain dengan menunjukan rasa ingin membantu ketika
ada orang lain yang terkena musibah dan kesusahan. 3) Peserta didik kelas V
memperlihatkan perilaku meniru terhadap apa yang dilakukan orang lain.
Kata kunci : Media sosial, perubahan perilaku sosial peserta didik