Abstract :
ABSTRAK
Sinta Suryani. NIM: H.1711121 Peran Oarng Tua Dalam Membimbing Anak
Belajar Dari Rumah di Kelas IVB SDN Pakuhaji. Skripsi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Djuanda Bogor. 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam
membimbing anak belajar dari rumah di Kelas IVB Sekolah Dasar Negeri (SDN)
Pakuhaji Parungkuda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan
metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Prosedur analisis data menggunakan Miles
and Huberman, melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Responden penelitian ini yaitu guru kelas IV, orang tua dan siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa orang tua menyiapkan sarana (alat) belajar untuk anak berupa
handphone (hp), buku tulis, meja belajar dan menyediakan tempat yang nyaman
untuk anak seperti di kamar, di ruang tv dan di teras. Orang tua membantu anak
mengatasi kesulitan belajar yaitu dengan cara membantu menjelaskan kembali
materi yang kurang paham dalam pembelajaran dan memberikan contoh dalam
mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Faktor penghambat yang dihadapi
orang tua selama belajar dari rumah disebabkan 1) ketersediaan waktu orang tua
yang kurang memadai dalam mengawasi anak selama pembelajaran seperti
membagi waktu dengan berjualan dan mengurus rumah tangga dengan
membereskan pekerjaan rumah, 2) keadaan ekonomi yang rendah dalam memenuhi
kebutuhan belajar anak meliputi kuota harus selalu ada untuk memperlancar
pembelajaran dan menyiapkan Handphone (HP) untuk dapat mengikuti
pembelajaran.
Kata Kunci: Siswa Kelas IV, Guru, Sarana