DETAIL DOCUMENT
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 1 PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SDIT Alif Ciawi Bogor)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Nurrahmah, Siti Aisyah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-04-25 03:13:00 
Abstract :
ABSTRAK Siti Aisyah Nurrahmah. Nim: H.1710461 Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan membaca Siswa Kelas I Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021. Salah satu yang melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian ini adalah tingkat kemampuan membaca siswa kelas 1 SDIT ALif yang bervariasi dan masih memerlukan perhatian khusus. perhatian dan bimbingan dari guru selama proses pembelajaran di Saat ini banyak terjadi perubahan akibat wabah virus Covid-19, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca siswa kelas 1 pada masa pandemi covid-19, mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 pada masa pandemi covid-19, serta dampak penggunaan strategi guru terhadap keterampilan membaca siswa kelas 1 selama pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan prosedur analisis data menggunakan analisis data Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan 10 siswa kelas 1 SDIT Alif dari 50 orang pada masa pandemi ini memiliki tingkat kemampuan membaca yang rendah, strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 pada masa pandemi COVID-19 adalah dengan memberikan bantuan membaca, kegiatan literasi, pendekatan kepada siswa dan orang tua, pemberian reward yang menarik, mengadakan lomba membaca dan memodifikasi media yang digunakan selama proses pembelajaran, dampak penggunaan strategi guru terhadap keterampilan membaca adalah meningkatkan keterampilan membaca siswa dan rasa percaya diri siswa selama masa covid -19 pandemi. Kata Kunci : Strategi, Keterampilan, Membaca 
Institution Info

Universitas Djuanda