Abstract :
ABSTRAK
Siti Aisyah Nurrahmah. Nim: H.1710461 Strategi Guru dalam Meningkatkan
Keterampilan membaca Siswa Kelas I Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor, 2021.
Salah satu yang melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian ini adalah tingkat
kemampuan membaca siswa kelas 1 SDIT ALif yang bervariasi dan masih
memerlukan perhatian khusus. perhatian dan bimbingan dari guru selama proses
pembelajaran di Saat ini banyak terjadi perubahan akibat wabah virus Covid-19,
hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui tingkat kemampuan membaca siswa kelas 1 pada masa pandemi
covid-19, mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca
siswa kelas 1 pada masa pandemi covid-19, serta dampak penggunaan strategi
guru terhadap keterampilan membaca siswa kelas 1 selama pandemi COVID-19.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan prosedur analisis data
menggunakan analisis data Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan 10 siswa kelas 1
SDIT Alif dari 50 orang pada masa pandemi ini memiliki tingkat kemampuan
membaca yang rendah, strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca
siswa kelas 1 pada masa pandemi COVID-19 adalah dengan memberikan bantuan
membaca, kegiatan literasi, pendekatan kepada siswa dan orang tua, pemberian
reward yang menarik, mengadakan lomba membaca dan memodifikasi media
yang digunakan selama proses pembelajaran, dampak penggunaan strategi guru
terhadap keterampilan membaca adalah meningkatkan keterampilan membaca
siswa dan rasa percaya diri siswa selama masa covid -19 pandemi.
Kata Kunci : Strategi, Keterampilan, Membaca