Abstract :
ABSTRAK
Siti Saniawati. H.1711115. Pelaksanaan Pembelajaran Daring
Di SDN Pakuhaji Pada Masa Pandemik Covid-19. Skripsi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor, 2021.
Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan secara rinci
pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) yang mencakup
perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi
pembelajaran, faktor-faktor yang mendukung pembelajaran daring
menghambat pembelajaran daring, serta solusi yang dilakukan untuk
mengatasi kendala pembelajaran daring pada masa pandemik Covid-19 di
SDN Pakuhaji. Penelitian dilakukan pada awal Februari 2021 dan
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru di SDN Pakuhaji. Teknik yang dilakukan
untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan
perencanaan pembelajaran seperti menyiapkan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), bahan ajar, media, dan metode pembelajaran dengan
baik disesuaikan dengan kondisi pada masa pandemik Covid-19. Proses
pembelajaran daring terdiri dari tahap pendahuluan, tahap inti, dan
penutup, yang dilaksanakan memanfaatkan aplikasi Whatsapp sebagai
media penyampai pesan, pemberian dan pengumpulan tugas. Evaluasi
pembelajaran daring terdiri dari penilaian kognitif, afektif, dan
psikomotor. Adapun faktor yang mendukung proses pembelajaran daring
adalah memadainya sarana dan prasarana, dari sisi guru antara lain
kesiapan, inovasi, kemampuan menghadapi IPTEK guru, dari sisi pesera
didik antara lain kesiapan, motivasi, keaktifan dan pemahaman peserta
didik. Adapun faktor penghambat proses pembelajaran daring ialah sarana
prasarana yang tidak memadai, ketidaksiapan guru, tidak ada inovasi dan
kurangnya kemampuan dalam menghadapi kemajuan IPTEK, kurangnya
motivasi, minat peserta didik, dan kurangnya pengawasan orang tua. Ada
beberapa solusi yang dilakukan untuk menghadapi beberapa kendala yang
terjadi, seperti meningkatkan kemampuan guru mengembangkan
pembelajaran, memberi penguatan terhadap siswa, menjalin Kerjasama
profesional dengan orang tua untuk mengatasi permasalahan pada
pembelajaran daring peserta didik.
kata kunci : Pembelajaran daring, faktor pendukung, faktor penghambat