Abstract :
ABSTRAK
Siti Yuliani. NIM. H.1710234. Peran Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran
Daring Pada Pandemi COVID-19. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator
pembelajaran daring pada pandemi COVID-19. Penelitian dilaksanakan di SDN
Cimande 01 menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data
dalam penelitian menggunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara dan
dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu 1 guru, 23 orang tua dan 23
peserta didik kelas VI. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang
terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data pada
penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian
menjelaskan bahwa peran guru sebagai fasilitator pembelajaran daring pada pandemi
COVID-19 dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi melalui WhatsApp, Google Classroom, dan Google Meet. Video
pembelajaran digunakan sebagai media pembelajaran. Metode pembelajaran yang
digunakan selama pembelajaran daring adalah metode tanya jawab, diskusi dan
penugasan. Adapun faktor penghambat guru sebagai fasilitor adalah peserta didik
yang terkait dengan kurangnya ketersediaan smartphone yang dimiliki peserta didik,
penambahan kuota internet selama pembelajaran dan jaringan internet yang kurang
stabil.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Metode pembelajaran, Studi Kasus