Abstract :
ABSTRAK
Tiwi Alawiyah. NIM: H. 1710382 Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan
Tanggung Jawab Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor, 2021
Peran orang tua sangat penting dalam pendidikan dan perkembangan anak,
karena orang tua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tanggung
jawab anak dalam belajar. Akan tetapi ada beberapa orang tua yang kurang
memperhatikan anaknya ketika belajar di rumah sehingga mengakibatkan
menurunnya tanggung jawab belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ada atau tidak hubungan antara perhatian orang tua dengan
tanggung jawab belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 dsi SDN Tugu
Selatan 02. Pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian yaitu korelasi sederhana. Populasi dalam penelitian ini
yaitu siswa kelas Va dan Vb yang berjumlah sebanyak 81 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan teknik sampel
jenuh karena jumlah populasi kurang dari 100. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 81 siswa kelas Va dan Vb di SDN Tugu Selatan 02. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket. Instrumen diuji dengan menggunakan uji validitas
menggunakan rumus Product Moment dan uji Reliabilitas menggunakan Alpha
Cronbach dengan nilai minimal 0,60. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan
diperoleh hasil nilai signifikansi yaitu 0,000> 0,05 maka hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa perhatian orang tua berkorelasi dengan interpretasi nilai
0,634. Maka dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dengan tanggung
jawab siswa memiliki korelasi dengan derajat hubungan yaitu kuat.
Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Tanggung Jawab Belajar, Pandemi Covid-19