Abstract :
PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PEMASARAN DIGITAL DAN
INOVASI PRODUK PADA UMKM INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI
KECAMATAN NAGRAK KABUPATEN SUKABUMI
Ines Sri Nur?aeni
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor
inessnuraini@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis: 1) tanggapan pelaku usaha terhadap
kinerja pemasaran, pemasaran digital dan inovasi produk pada UMKM Industri makanan dan
minuman di Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, 2) pengaruh secara simultan
pemasaran digital dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Industri
makanan dan minuman di Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, 3) pengaruh secara
parsial pemasaran digital dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM
Industri makanan dan minuman di Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifiatif. Pengambilan sampel
berjumlah 100 pelaku usaha UMKM Industri makanan dan minuman menggunakan metode
Purposive Sampling, dengan kriteria: 1) lama usaha lebih dari 1 tahun, 2) tersebar diwilayah
Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, 3) sebagian besar merupakan usaha padat karya,
dan 4) penggunaan dengan teknologi yang masih sederhana, serta terdaftar di Dinas
Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi. Teknik
penngumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan penyebaran kuesioner
kepada pelaku usaha. Metode analisis data menggunakan skala likert untuk analisis regresi
linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda, analisis koefisian determinasi, uji-F dan
uji-t. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa tanggapan pelaku usaha terhadap variabel
pemasaran digital, inovasi dan kinerja pemasaran memiliki nilai interpretasi baik, secara
simultan dan parsial pemasaran digital dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja pemasaran UMKM Industri makanan dan minuman di Kecamatan Nagrak
Kabupaten Sukabumi.
Kata kunci: Kinerja Pemasaran, Pemasaran Digital dan Inovasi Produk