DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PEMASARAN DIGITAL DAN INOVASI PRODUK PADA UMKM INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN NAGRAK KABUPATEN SUKABUMI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Nur'aeni, Ines Sri
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-05-10 02:01:23 
Abstract :
PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PEMASARAN DIGITAL DAN INOVASI PRODUK PADA UMKM INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN NAGRAK KABUPATEN SUKABUMI Ines Sri Nur?aeni Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor inessnuraini@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis: 1) tanggapan pelaku usaha terhadap kinerja pemasaran, pemasaran digital dan inovasi produk pada UMKM Industri makanan dan minuman di Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, 2) pengaruh secara simultan pemasaran digital dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Industri makanan dan minuman di Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, 3) pengaruh secara parsial pemasaran digital dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Industri makanan dan minuman di Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifiatif. Pengambilan sampel berjumlah 100 pelaku usaha UMKM Industri makanan dan minuman menggunakan metode Purposive Sampling, dengan kriteria: 1) lama usaha lebih dari 1 tahun, 2) tersebar diwilayah Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, 3) sebagian besar merupakan usaha padat karya, dan 4) penggunaan dengan teknologi yang masih sederhana, serta terdaftar di Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi. Teknik penngumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan penyebaran kuesioner kepada pelaku usaha. Metode analisis data menggunakan skala likert untuk analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda, analisis koefisian determinasi, uji-F dan uji-t. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa tanggapan pelaku usaha terhadap variabel pemasaran digital, inovasi dan kinerja pemasaran memiliki nilai interpretasi baik, secara simultan dan parsial pemasaran digital dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM Industri makanan dan minuman di Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. Kata kunci: Kinerja Pemasaran, Pemasaran Digital dan Inovasi Produk 
Institution Info

Universitas Djuanda