DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VI SDN LANBAU 02
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Amini, Alfatia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-05-10 02:20:21 
Abstract :
ABSTRAK Alfatia Amini. NIM: H.1710148 Hubungan antara Pembelajaran Daring Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI SDN Lanbau 02. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021. Pandemik Covid-19 merupakan salah satu faktor perubahan proses pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kebijakan pembelajaran daring menjadi permasalahan tersendiri baik dari guru maupun siswa. Berdasarkan temuan masalah di lapangan, kurang rasa percaya diri siswa ketika menjawab pertanyaan, siswa tidak berani mengemukakan pendapat, dan terdapat siswa yang menyalin tugas temannya menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan kemandirian belajar siswa kelas VI SDN Lanbau 02 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelsi. Jumlah responeden sebanyak 63 siswa, data yang dikumpulkan menggunakan angket pembelajaran daring dan angket kemandirian belajar. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh nilai r hitung sebesar 0,540 dan dibandingkan dengan nilai r tabel df 61 adalah 0,2091. Maka, nilai r hitung > r tabel atau 0,540 > 0,2091, hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan kemandirian belajar siswa. Maka, penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pembelajaran daring dengan kemandirian belajar siswa kelas VI SDN Lanbau 02 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Kemandirian Belajar, Pandemik Covid-19. 
Institution Info

Universitas Djuanda