Abstract :
ABSTRAK
Alfatia Amini. NIM: H.1710148 Hubungan antara Pembelajaran Daring
Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI SDN Lanbau 02. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor. 2021.
Pandemik Covid-19 merupakan salah satu faktor perubahan proses
pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kebijakan pembelajaran daring
menjadi permasalahan tersendiri baik dari guru maupun siswa. Berdasarkan
temuan masalah di lapangan, kurang rasa percaya diri siswa ketika menjawab
pertanyaan, siswa tidak berani mengemukakan pendapat, dan terdapat siswa yang
menyalin tugas temannya menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan
kemandirian belajar siswa kelas VI SDN Lanbau 02 Kecamatan Citeureup
Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan teknik korelsi. Jumlah responeden sebanyak 63 siswa, data yang
dikumpulkan menggunakan angket pembelajaran daring dan angket kemandirian
belajar. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh nilai r hitung sebesar 0,540 dan
dibandingkan dengan nilai r tabel df 61 adalah 0,2091. Maka, nilai r hitung > r
tabel atau 0,540 > 0,2091, hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan
antara pembelajaran daring dengan kemandirian belajar siswa. Maka, penelitian
ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif antara
pembelajaran daring dengan kemandirian belajar siswa kelas VI SDN Lanbau 02
Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Kemandirian Belajar, Pandemik Covid-19.