Abstract :
ABSTRAK
Amelia Aprilianti NIM :H.1710271 Hubungan keterlibatan orang tua
dengan hasil belajar siswa kelas II pada masa pandemic covid-19 di
sekolah gugus 4 Kelurahan Baranangsiang Kota Bogor Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Djuanda Bogor, 2021
Kebijakan yang diterapkan pemerintah untuk siswa belajar di rumah
pada masa pandemi Covid-19 membuat orang tua berperan penting
dalam proses pembelajaran selama di rumah. Perhatian dari orang tua
harus dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab belajar siswa. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara
perhatian orang tua dengan tanggung jawab belajar siswa pada masa
Pandemi Covid-19. Pendekatan yang dilakukan menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan teknik statistic deskriptif. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik proposional random sampling dengan
teknik sampel menggunakan rumus slovin dengan sampel sebanyak
155 siswa kelas II di SD gugus 4 Kelurahan Baranangsiang Kota Bogor
dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah
menyebarkan angket dan dokumen, Instrumen di uji dengan
menggunakan uji validitas menggunakan rumus Product Moment dan
uji Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan nilai minimal
0,60. Dari hasil penelitian analisis Koefisien Korelasi dengan nilai
0,663, sesuai persyaratan signifikansi nilai sig < 0,05 dengan demikian
tidak ada hubungan keterlibatan orang tua dengan hasil belajar
Matematika siswa kelas II.
Kata kunci: Keterlibatan Orang Tua, Pandemi Covid-19, Hasil Belajar
Matematika