Abstract :
ABSTRAK
Desti Triyana Amalia. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata
Bergambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas II SD Di Desa
Sindangraja. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap hasil
belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah dasar di desa Sindangraja
yaitu SDN Sindangraja 3 dan SDN Sindangraja 4 Cianjur. Pendekatan pada
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode
kuasi eksperimen (Quasi Eksperimen). Desain penelitian ini adalah Control Grup
Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas II yang terdapat di
Desa Sindangraja. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik
Simpel Random Sampling dengan pengambilan sampel dengan dua tahap
pengundian, tahap pertama dengan mengundi sekolah eksperimen dan sekolah
control, tahap kedua mengundi kelas eksperimen dan kelas kontrol yang akan
digunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan
tes tulis. Berdasarkan dari hasil posttest yang dieroleh bahwa rata-rata hasil
belajar siswa dengan menggunakan model induktif kata bergambar (kelompok
eksperimen) lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran
konvensional (kelompok kontrol). Nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen
adalah 73,37 sedangkan pretest yang diperoleh pada kelompok kontrol adalah
70,52. Setelah dilakukan perlakuan (treament) maka diperoleh rata-rata posttest
kelompok eskperimen sebesar 85,41 dan kelompok kontrol memperoleh nilai rata?rata sebanyak 79,83. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa adanya
pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran induktif
kata bergambar. Berdasarkan hasil uji-t N-Gain Independent Sampel T-Test
diperoleh nilai signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 0,010, maka nilai sig < 0,05
(0,010 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model induktif kata bergambar terhadap hasil belajar siswa
kelas II.