Abstract :
ABSTRAK
Dhea Adinda, NIM H.1710187 Analisis Peran Orang Tua Dalam
Membimbing Belajar Anak Attention-Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) Pada
Masa Pandemi Di SDN 1 Manggar kecamatan Manggar kabupaten Belitung Timur,
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor, 2021
Penelitiian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Hambatan orang tua dalam
membimbing belajar anak ADHD pada masa pandemi Covid-19, (2) Bagaimana
cara orang tua dalam mengatasi perilaku negatif anak ADHD dalam
membimbingan belajar pada masa pandemi Covid-19, (3) Bagaimana cara atau
metode orang tua dalam membimbing belajar anak ADHD pada masa pandemi
Covid-19. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara.
Teknik analisis data menggunakan analisis data tematik. Hasil dari penelitian ini
yaitu (1) Hambatan orang tua dalam membimbing belajar anak ADHD pada massa
pandemi adalah orang tua selalu ada waktu luang walaupun sambil masak,
menyelipkan belajar pada saat ayah bekerja di bengkel, menyelipkan belajar pada
saat jalan-jalan keluar, anak kurang fokus, anak susah untuk konsentrasi, anak
malas untuk perge ke sekolah, anak malas untuk belajar, anak suka membantah,
anak susah untuk memahami pembelajaran, anak sering tidak mampu mengikuti
kegiatan dengan tenang, anak selalu bergerak dan tidak bisa diam. (2) Cara orang
tua dalam mengatasi perilaku negatif anak ADHD pada masa pandemi dengan
memberikan motivasi masukan dan arahan kepada anak apabila melakukan perilaku
negati. Maka sebaliknya apabila anak melakukan perilaku positif orang tua akan
memberikan reward, pujian, dan lain-lain. (3) Cara atau metode orang tua dalam
membimbing belajar anak ADHD pada masa pandemi dengan memberikan
berbagai metode yang bervariasi seperti diskusi, tanya jawab, dan games.
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Membimbing, ADHD