Abstract :
ABSTRAK
Gusti Permata Sari. NIM H.1710090. Hubungan Lingkungan Keluarga
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Gunung Sari 03. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor. 2021.
Lingkungan keluarga merupakan pendidikan pertama bagi seorang anak.
Oleh karena itu, peran keluarga sangat penting bagi motivasi belajar siswa karena
menjadi salah satu faktor keberhasilan belajar dengan cara memberikan perhatian
dan mendidik anak. Berdasarkan fakta yang ada banyak siswa yang masih tidak
mengerjakan pekerjaan rumah (PR), masih ada siswa yang tidak bisa membaca
pada siswa kelas tinggi, dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar, bahkan
banyak pendidikan orangtua yang berada di tingkat Sekolah Dasar (SD). Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga terhadap
motivasi belajar siswa khususnya di kelas V. Metode yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di
SDN Gunung Sari 03 dengan teknik sampling non probability. Besarnya
kontribusi antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa ditunjukkan
dari hasil koefisien determinasi R square = 0,056 %.yang berarti berkontribusi
antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa sebesar 5,6 %.dan
selebihnya 94,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Uji Signifikansi menunjukkan
rhitung?rtabel (0,237 ? 0,2227), sehingga hasil pada penelitian ini adalah
hubungan positif antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa
dengan hubungan yang sangat rendah.
Kata kunci: keberhasilan belajar, lingkungan keluarga, motivasi belajar, motivasi
siswa.