Abstract :
ABSTRAK
Mazya Tri Andari, NIM. H. 1710750 Pengaruh Penggunaan Media Video
Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Di Kelas V SD Negeri Bojong
Kiharib, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor, 2021.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap
peningkatan motivasi belajar dalam mata pelajaran IPA kelas V SDN Bojong
Kiharib. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen. Populasi dan sampel pada penelitian ini siswa kelas VA dan VB yang
terdiri dari 46 siswa, 24 siswa di kelas eksperimen dan 22 siswa di kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data
pada uji hipotesis menggunakan indepandent sampel t-test diperoleh nilai
probabilitas sebesar 0,022 < 0,05 yang artinya bahwa kelas eksperimen dengan
menggunakan media video pembelajaran memberikan pengaruh terhadap motivasi
belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dikarenakan media video
pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, karena dapat
membangkitkan semangat dan rasa ingin tahu siswa terhadap pembelajaran.
Kata Kunci : Video Pembelajaran, Media, Motivasi belajar