Abstract :
ABSTRAK
Nurandini. NIM: H.1710453 analisis peran guru dalam menerapkan pendidikan
karakter jujur pada pembelajaran daring di SDN Bantarkemang 6. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Djuanda Bogor. 2021.
Penelitan ini bertujuan untuk 1 mengetahui peran pribadi guru dalam menerapkan
penddidikan karakter jujur pada pembelajaran Daring, 2 Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui perencanaan guru dalam penerapan karakter jujur pada
pembelajaran daring, 3 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor
pendukung penerapan karakter jujur pada pembelajaran daring, 4 Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui faktor penghambat penerapan karakter jujur pada
pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengupulan data
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun latar dari
penelitian ini yaitu SDN Bantarkemang 6. Penelitian ini menghasilkan temuan
berupa: 1) peran pribadi guru lalam menerapkan pendidikan karakter jujur pada
pebelajaran daring adalah mencontohkan teladan dari pribadi guru, memotivasi
dan memberi arahan menjadi pembiaasaan. 2) perencanaan penerapan karakter
jujur pada pembelajaran daring yaitu penyusunan RPP, arahan kepada orang tua,
pemilihan media daring yang tepat. 3) faktor pendukung penerapan karakter jujur
pada pebelajaran daring yaitu guru kreatif, orang tua yang amanah, dan lingungan
yang positif. 4) faktor penghambat penerapan karakter jujur pada pebelajaran
daring yaitu peserta didik tidak percaya diri, komunikasi yang sulit, orang tua
berfokus pada nilai tinggi.
Kata Kunci: Peran guru, Penerapan Karakter Jujur, Pembelajaran Daring