Abstract :
ABSTRAK
PRATIWI RAHIM. NIM: H. 1711119. Pengaruh Penggunaan Media Kartu
Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya Pada Siswa Kelas
IV SDN Tenjolaya Cicurug Sukabumi. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor
Rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa disebabkan
oleh banyak hal antara lain: kurikulum yang padat, materi pada buku pelajaran
yang dirasakan terlalu sulit untuk di ikuti, media belajar yang kurang efektif,
laboratorium yang tidak memadai, kurang tepatnya cara dan media belajar yang
dipilih oleh guru, kurang optimal dan kurangnya keselarasan siswa itu sendiri,
dimana siswa tidak banyak terlibat dalam proses pembelajaran dan keaktifan kelas
sebagian besar didominasi oleh guru, faktor media belajar merupakan faktor
utama, yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Penelitian tentang penggunaan media pembelajaran berupa media kartu
pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya dilakukan pada siswa
kelas IV SDN Tenjolaya Cicurug, hal berdasarkan data pada data awal rata-rata
nilai harian siswa pada mata pelajaran IPA yang dinilai sebelum dilakukan
penelitian sebesar 61,58, sementara kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang
seharusnya diperoleh siswa sebesar 70, masih kurang dari KKM.
Pada penelitian ini, maka permasalahan dibatasi pada penggunaan media
kartu yang dikaitkan dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada
materi energi dan perubahannya di kelas IV SDN Tenjolaya Cicurug, penelitian
ini dirumuskan : Adakah pengaruh penggunaan media kartu terhadap hasil belajar
IPA pada materi energi dan perubahannya?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif
metode quasi eksperimen. Kelompok pertama kelas IV -1 belajar dengan belajar
media kartu, dan kelompok kedua kelas IV -2 belajar dengan belajar biasa dan
pada akhirnya kedua kelas masing-masing diberikan test hasil belajar.
Tahapan analisisnya adalah analisis Deskriptif, Analisis Persyaratan Data
(Uji Normalitas, Uji Homogenitas) Uji Hipotesis Statistik, Statistik yang
digunakan adalah one way ANOVA test yang terdapat pada program SPSS,
kriteria keputusan : H0 diterima jika p-value (sig)>? dengan ? =0,05.
Penelitian ini dapat disimpulkan Pengaruh penggunaan media kartu
terhadap hasil belajar IPA pada materi energi dan perubahannya menunjukkan
pada Siswa kelas IV di SDN Tenjolaya Kec. Cicurug Sukabumi menunjukkan
adanya pengaruh yang signifikan, Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Hasil
pengujian hipotesis diperoleh T hitung = 45,96 lebih dari T tabel = 2,093; Dimana
angka Thitung > Ttabel dengan nila signifikansi 0,000 atau dibawah 0,05. Maka
dengan demikian H1 Diterima atau Ho ditolak.
Kata Kunci :Media Kartu, Hasil Belajar, IPA, Materi Energi dan Perubahannya