Abstract :
ABSTRAK
Siti Salma Meida. NIM H.1710168 Hubungan Motivasi Belajar Dengan
Kedisiplinan Belajar Daring SDN Pasir Angin 02 Pada Masa Pandemi Covid-19.
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor 2021.
Pembelajaran yang sukses yaitu apabila terjadi perubahan pada diri siswa
dengan menjadikan pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, dan memiliki
motivasi dalam belajar. Namun, berdasarkan temuan di lapangan, terdapat siswa
yang kurang disiplin dalam tugas, tidak memiliki gairah dan semangat dalam
belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar
dengan kedisiplinan belajar daring SDN Pasir Angin 02 pada masa pandemi
covid-19. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
analisis korelasi. Jumlah responden yang digunakan untuk menjadi sampel yaitu
128 siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar
dan angket kedisiplinan belajar daring. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan r
hitung sebesar 0,349 dibandingkan dengan r tabel didapat dari N 128 = 0,173
maka, r hitung > r tabel atau 0,349 > 0,173, dimana terdapat hubungan yang
positif antara motivasi belajar dengan kedisiplinan belajar daring. Kemudian
berdasarkan uji signifikansi diperoleh nilai 0,000 < 0,05, dimana hasil tersebut
menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi
belajar dengan kedisiplinan belajar daring. Dengan besar hubungan yaitu pada R
square 0,122 atau jika dipresentasikan sama dengan 12,2%, maka hubungan yang
terjalin antara motivasi belajar dengan kedisiplinan belajar daring yaitu sebesar
12,2%, dan sisanya 87,8% itu berhubungan dengan variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan
yang signifikan motivasi belajar dengan kedisiplinan belajar daring SDN Pasir
Angin 02 pada masa pandemi covid-19.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kedisiplinan Belajar, Pembelajaran Daring