Abstract :
ABSTRAK
Yuliana Marfungatun Nikmah, 2021, Kemandirian Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Dalam Jaringan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Djuanda, Bogor
Dalam situasi dan kondisi pandemi seperti ini memberikan pelajaran berharga
bagi kita semua dalam bidang pendidikan. Semua mata pelajaran disampaikan
melalui whatsapp dan video call. Sulit bagi siswa yang memiliki kemandirian
belajar rendah, perlu motivasi dari lingkungan sekitar. Tujuan untuk mengetahui
kemandirian belajar siswa pada pembelajaran dalam jaringan. Metode Pendekatan
Kualitatif, dengan Teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Maka dari
itu, kemandirian belajar perlu ditingkatkan pada pembelajaran daring melalui
whatsapp. Dengan Remote Learning atau Pembelajaran Terkontrol, dari siswa,
guru, orang Tua dan teman belajar, kemandirian belajar siswa pada pembelajaran
daring dapat diamati. siswa mampu menyelesaikan permasalahan atau tugas-tugas
daring yang diberikan guru. Kolaborasi antara guru, siswa, orang tua, dan teman
menjadikan kemandirian belajar siswa menjadi meningkat dan pembelajaran
dalam jaringan terlaksana dengan baik. Siswa yang mengikuti bisa mengikuti
pembelajaran daring sekitar 68% dikarenakan karakteristik siswa SD masih belum
bisa berfikir abstrak. 50% siswa memiliki kemandirian belajar daring. Itupun
masih dibantu dan dibimbing oleh orang tua ketika mengerjakan tugas. Belum
kendala hp yang masih barengan dengan orang tua, 80% siswa terdorong untuk
mendapatkan nilai bagus karena tidak mau remedian. 80% siswa tepat waktu
ketika mengirim tugas melalui online.
Kata Kunci : Kemandirian Belajar Siswa, Pembelajaran Dalam Jaringan