Abstract :
ABSTRAK
Cecep Abubakar. NIM. H.1611209. Faktor Perilaku Bullying di kelas V
SDN Sindangwangi. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk Memperoleh pemahaman yang mendalam
tentang faktor individu yang menyebabkan perilaku bullying siswa SDN
Sindangwangi serta dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang faktor
teman sebaya yang menyebabkan perilaku bullying siswa SDN Sindangwangi.
Penelitian ini mmenggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus.
Subjek penelitian ini yaitu siswa yang agresif dan berkepribadian yang kurang
baik dikelas V SDN Sindangwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi partisifasip, wawancara tersetuktur, dan dokumentasi.instrumen
ini dibantu dengan lembar observasi, catatan hasil observasi dan catatan hasil
wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan
Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Uji
keabsahan data yang digunakan adalah ui kredibilitas. Uji kredibilitas dilakukan
dengan cara triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan faktor individu,
teman sebaya dan peran guru dalam menangani prilaku buillyng. Faktor individu
terjadi karena kepribadian siswa tersebut, misalnya sering mencari perhatian
orang lain faktor teman sebaya terjadi karena siswa ingin membuktikan bahwa
dirinya bisa melakukan hal yang temannya lakukan meski bisa membuat yang lain
tidak nyaman, misal saling ejek, dan peran guru dalam menangani perilaku
buillyng, guru sering menasehai siswa dan membuat aturan di kelas.
kata kunci: perilaku, bullying