Abstract :
ABSTRAK
Dalam siklus pendapatan penjualan di PT. Milko Beverage Industry dan sistem
pengendalian intern pendapatan penjualan finish good bertujuan supaya
pendapatan yang dihasilkan bisa sesuai dengan barang yang dijual, karena
pendapatan dari penjualan akan berpengaruh terhadap operasional perusahaan.
Evaluasi dalam sebuah sistem sangat diperlukan oleh perusahaan, guna untuk
mengetahui efektif atau tidak sistem pengendalian tersebut dibuat. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem pengendalian intern
terhadap pendapatan penjualan dan untuk mengetahui hasil evaluasi sistem
pengendalian intern terhadap pendapatan penjualan di PT. Milko Beverage
Indstry. Grand theory yang digunakan adalah Agency theory yaitu hubungan atau
kontak antara principal dan agent yang bekerja di perusahaan tersebut serta
penelitian terdahulu yang menyimpulkan bahwa adanya perangkapan jabatan yang
seharusnya dipisahkan. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian
Deskriptif kualitatif dengan metode analisis komparatif dimana data dan informasi
yang diperoleh dari PT. Milko Beverage Industry akan dijabarkan secara
deskriptif dan akan dibandingkan dengan teori COSO. Teknik pengumpulan data
dalam peneltian ini dengan studi pustaka dan studi lapangan. Hasil penelitian ini
adalah adanya perangkapan tugas dalam siklus pendapatan penjualan sehingga
siklus pendapatan penjualan tidak efektif.
Kata Kunci: Evaluasi, Pengendalian Intern, siklus pendapatan penjualan