Abstract :
Pembelajaran yang sukses yaitu apabila terjadi perubahan pada diri siswa baik
secara personal maupun interpersonal, dengan menjadikan pribadi yang disiplin,
mengelola emosi, serta peduli dengan orang lain. Kedisiplinan belajar merupakan
proses belajar yang di dalamnya terdapat aturan yang dapat membentuk perilaku siswa.
Namun, berdasarkan temuan di lapangan, terdapat siswa yang kurang disiplin dalam
tugas, kurangnya komunikasi, berkata kasar, dan tidak dapat mengelola emosinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional
dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VI SDN Kampung Bulak di masa pandemik
covid-19. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis
korelasi. Jumlah responden yang digunakan untuk menjadi sampel yaitu 85 siswa
dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan emosional dan
angket kedisiplinan belajar. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan nilai r hitung
yaitu 0,576 dengan dibandingkan pada r tabel didapat dari 85-2 = 83 = 0,2133 maka, r
hitung > r tabel atau 0,576 > 0,2133, dimana hasil tersebut menunjukkan bahwa
terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan
belajar siswa. Dengan besar hubungan yaitu pada R square 0,331 atau jika
dipresentasikan sama dengan 33,1%, maka hubungan yang terjalin antara kecerdasan
emosional dengan kedisiplinan belajar yaitu sebesar 33,1%, dan sisanya 66,9% itu
berhubungan dengan variabel lainnya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat
hubungan yang positif kecerdasan emosional dengan kedisiplinan belajar siswa kelas
VI SDN Kampung Bulak di masa pandemik covid-19.
Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Kecerdasan Emosional, Siswa