Abstract :
Elis Lisnawati. NIM: H.1710497. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap
Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi di kelas IV SD Negeri
Muarasari 3. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap
motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi di kelas IV SD Negeri
Muarasari 3. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
asosiatif dengan jenis korelasi fungsional dengan menggunakan analisis regresi
linier sederhana, penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 50 orang peserta
didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner berupa instrumen
dari dua variabel yaitu pengelolaan kelas dan motivasi belajar. Data analisis
menggunakan menggunakan teknik anlisis persamaan regresi dan uji signifikansi.
Hasil penelitian menunjukkan variabel pengelolaan kelas memiliki pengaruh
sebesar 30,1% terhadap variabel motivasi belajar dan berdasarkan hasil uji t
variabel pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar didapat nilai thitung > ttabel
(4,548 > 2,010), maka H0 dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh
pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi di
kelas IV SD Negeri Muarasari 3.
Kata Kunci : motivasi belajar, pengelolaan kelas, pandemi