Abstract :
Ismawarti Hasyim. NIM: H.1711288 Pengaruh Discovery Learning
terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas V SD Negeri
Cikupa. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021.
Proses pembelajaran dapat berlangsung karena adanya siswa, guru,
kurikulum, satu dengan yang lain saling berhubungan. Siswa dapat belajar dengan
baik jika sarana dan prasarana untuk belajar memadai, model pembelajaran yang
digunakan oleh guru menarik, siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran sehingga
siswa tidak merasa jenuh atau bosan ketika mengikuti pembelajaran di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran
discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada materi suhu dan
kalor. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Cikupa Lebaksari, Kecamatan
Parakansalak Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Khususnya pada siswa
kelas V. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A sebanyak 24 siswa dan
kelas V B sebanyak 20 siswa. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik
tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil akhir analisis Uji-t untuk
dua kelompok data dari satu kelompok sampel (berpasangan) dengan analisis data
menggunakan program SPSS Statistics. Didapatkan nilai signifikansi (2-tailed)
0,001 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar pretest
berjumlah 60,79 dan nilai rata-rata posttest berjumlah 77,79 yang artinya ada
pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil
belajar IPA pada materi suhu dan kalor siswa kelas V SD Negeri Cikupa.
Kata Kunci: Pembelajaran Penemuan, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam