Abstract :
Linda Julia. NIM: H.1710215 Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas V Di SDN Megamendung 03 Pada Masa Pembelajaran Daring.
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh minat belajar terhadap hasil
belajar siswa kelas V di SDN Megamendung 03 pada masa pembelajaran daring
tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian korelasi fungsional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V di SDN Megamendung 03 yang berjumlah 45 siswa dengan sampel
penelitian sebanyak 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji
validitas menggunakan penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus Korelasi
Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik
analisis menggunakan Analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah
dilakukan diperoleh hasil nilai signifikansi yaitu 0,000> 0,05 sehingga terdapat
pengaruh yang positif antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V di
SDN Megamendung 03 pada masa pembelahj. Hasil analisa data juga menunjukan
R Square 0,272 ini menunjukan bahwa minat belajar memiliki pengaruh 27,2%
terhadap hasil belajar, dan 72,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar