DETAIL DOCUMENT
MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIZH AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN PESERTA DIDIK DI SMP QUR’AN ASY-SYAHID
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
BUSTOMI, MUHAMAD
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 04:02:19 
Abstract :
Manajemen Kurikulum Tahfizh Al-Qur?an dapat menjadi solusi dalam program menghafal Al-Qur?an, karena dengan manajemen yang baik, akan dapat memberikan efek waktu menghafal dan mengulang secara lebih teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur?an dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Qur?an Asy Syahid. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur?an di Sekolah Menengah Pertama Qur?an Asy Syahid sudah dilaksanakan dengan baik meliputi perencanaan materi, alokasi waktu, metode, dan penilaian yang baik dan tersistem. Pengorganisasian melalui kegiatan pembagian tanggung jawab yang tersusun dalam struktur organisasi. Pelaksanaan kurikulum yang sesuai dengan rencana, dan evalusi kurikulum melalui ujian Binnazhor (melihat Al-Qur?an) dan Bilghoib (tanpa melihat Al?Qur?an). faktor pendukung manajemen kurikulum yaitu memiliki fasilitas yang memadai dalam program menghafal Al-Qur?an, waktu yang memadai untuk hafalan. Adapun faktor penghambatnya antara lain adalah kurangnya guru dalam memantau dan mengawasi peserta didik ketika dirumah 
Institution Info

Universitas Djuanda