Abstract :
Manajemen Kurikulum Tahfizh Al-Qur?an dapat menjadi solusi dalam
program menghafal Al-Qur?an, karena dengan manajemen yang baik, akan
dapat memberikan efek waktu menghafal dan mengulang secara lebih teratur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses
manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur?an dalam meningkatkan kualitas hafalan
peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Qur?an Asy Syahid. Jenis
penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum
tahfizh Al-Qur?an di Sekolah Menengah Pertama Qur?an Asy Syahid sudah
dilaksanakan dengan baik meliputi perencanaan materi, alokasi waktu, metode,
dan penilaian yang baik dan tersistem. Pengorganisasian melalui kegiatan
pembagian tanggung jawab yang tersusun dalam struktur organisasi.
Pelaksanaan kurikulum yang sesuai dengan rencana, dan evalusi kurikulum
melalui ujian Binnazhor (melihat Al-Qur?an) dan Bilghoib (tanpa melihat Al?Qur?an). faktor pendukung manajemen kurikulum yaitu memiliki fasilitas yang
memadai dalam program menghafal Al-Qur?an, waktu yang memadai untuk
hafalan. Adapun faktor penghambatnya antara lain adalah kurangnya guru
dalam memantau dan mengawasi peserta didik ketika dirumah