Abstract :
Nurlaili Maulida. NIM: H.1710628 Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Kualitas
Pembelajaran Daring Sekolah Dasar di Bogor Tengah. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik
terhadap kualitas pembelajaran daring sekolah dasar di Bogor Tengah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi kausalitas.. Populasi
dalam penelitian ini adalah guru di SDN Gang Aut, SDN Roda dan SDN Empang 01.
Sampel dalam penelitian ini adalah 50 guru dari SDN Gang Aut, SDN Roda dan SDN
Empang 01. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk Google Form.
Uji validitas menggunakan penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus Korelasi
Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis
menggunakan Analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan
diperoleh hasil nilai signifikansi yaitu 0,000<0,05 sehingga terdapat pengaruh yang positif
antara kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas pembelajaran daring sekolah dasar di
Bogor Tengah. Hasil analisa data juga menunjukan R Square 0,710 ini menunjukan bahwa
kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh 71% terhadap kualitas pembelajaran
daring.
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Kualitas Pembelajaran Daring