Abstract :
Pitaria Devi Putri Sijabat. NIM: H.1711108 Pengaruh Kemandirian Belajar
Terhadap Hasil Belajar Dikelas V Sekolah Dasar. Skripsi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Djuanda Bogor, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar
terhadap hasil belajar dikelas V siswa SDN 3 Cicurug tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasi fungsional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 3
Cicurug berjumlah 79 siswa dengan sample penelitian sebanyak 79 siswa. Tehnik
pengumpulan data menggunakan angket. Uji validasi menggunakan penilaian ahli
dan butir instrumen dengan rumus Korelasi Product Moment. Uji realibilitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Tehnik analisis menggunakan Analisis
Statistika Deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil
nilai signifikansi yaitu 0.000 > 0.05 sehingga terdapat pengaruh yang positif
antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar dikelas V SDN 3 Cicurug. Hasil
analisis data juga menunjukkan R Square sebesar 0.079 ini menunjukkan bahwa
kemandirian belajar memiliki pengaruh 7.9% terhadap hasil belajar siswa di kelas
V SDN 3 Cicurug.
Kata Kunci: Kuantitatif, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar