DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
Sijabat, Pitaria Devi Putri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 06:15:04 
Abstract :
Pitaria Devi Putri Sijabat. NIM: H.1711108 Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Dikelas V Sekolah Dasar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar dikelas V siswa SDN 3 Cicurug tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi fungsional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 3 Cicurug berjumlah 79 siswa dengan sample penelitian sebanyak 79 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validasi menggunakan penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus Korelasi Product Moment. Uji realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Tehnik analisis menggunakan Analisis Statistika Deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai signifikansi yaitu 0.000 > 0.05 sehingga terdapat pengaruh yang positif antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar dikelas V SDN 3 Cicurug. Hasil analisis data juga menunjukkan R Square sebesar 0.079 ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar memiliki pengaruh 7.9% terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 3 Cicurug. Kata Kunci: Kuantitatif, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas Djuanda