Abstract :
Rita Anzani, 2021. Peran Orangtua dalam Pendampingan Kesulitan Belajar Anak
di Masa Pandemi Covid -19. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orangtua dalam
mendampingi anak dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jenis
penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan dengan
menggunakan analisis data Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Sampel penelitian
ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua murid dan siswa. Fokus penelitian
bertujuan mengetahui peran orang tua dalam pendampingan kesulitan belajar anak
di masa pandemi covid-19 dan subfokus yaitu proses pembelajaran di masa
pandemi covid-19, kesulitan belajar anak yang muncul di masa pandemi, dan
peran orang tua dalam mendampingi kesulitan belajar anak. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pembelajaran di masa pandemi covid-19 dilaksanakan secara
daring dan luring. Ada beberapa faktor yang menjadi kesulitan belajar siswa pada
saat pembelajaran di masa pandemi yaitu fasilitas sarana dan prasarana
pembelajaran,latar pendidikan orangtua yang rendah dan kurang kesiapan
orangtua. Upaya pendampingan orangtua dalam pendampingan kesulitan belajar
dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 yaitu orangtua menyetujui adanya
pembelajaran luring di sekolah, senantiasa memotivasi, dan memberikan solusi
ketika anak dalam kesulitan dalam belajar dengan mengeksplor pengetahuan
melalui berbagai media pembelajaran internet.
Kata kunci : Peran Orangtua, Kesulitan Belajar, Pembelajaran di Masa
Pandemi