DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Djuanda
Author
SUHANDI, DESWITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 08:29:39 
Abstract :
Deswita Suhandi. NIM: H.1710122 Implementasi pendidikan karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Tematik Di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter tanggung jawab pada pembelajaran tematik di masa pandemi COVID-19 di SDN Purwasari 01. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, dengan teknik pengumpulan data wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Responden dalam penelitian ini yaitu guru kelas V, siswa kelas V, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, adapun bentuk partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran tematik tema 7 yang dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19 diantaranya, mengikuti kegiatan video call saat kegiatan pembelajaran, mengerjakan tugas latihan soal yang diberikan oleh guru, mengumpulkan tugas latihan soal dengan tepat waktu. Siswa merapikan peralatan belajar setelah kegiatan pembelajaran berlangsung seperti alat tulis pensil dan buku tulis setelah selesai digunakan. Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter tanggung jawab pada kegiatan pembelajaran disebabkan adanya kebiasaan siswa saat sedang belajar yaitu memainkan handphone saat kegiatan pembelajaran, malas mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, serta mengobrol dengan teman saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kata kunci : Partisipasi siswa, Peralatan belajar, Kualitatif 
Institution Info

Universitas Djuanda