Abstract :
Deswita Suhandi. NIM: H.1710122 Implementasi pendidikan karakter Tanggung
Jawab Pada Pembelajaran Tematik Di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan
karakter tanggung jawab pada pembelajaran tematik di masa pandemi COVID-19
di SDN Purwasari 01. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi
kasus, dengan teknik pengumpulan data wawancara, kuesioner, observasi, dan
dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman,
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Responden dalam
penelitian ini yaitu guru kelas V, siswa kelas V, dan orang tua. Hasil penelitian
menunjukan bahwa siswa berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, adapun
bentuk partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran tematik tema 7 yang
dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19 diantaranya, mengikuti kegiatan
video call saat kegiatan pembelajaran, mengerjakan tugas latihan soal yang
diberikan oleh guru, mengumpulkan tugas latihan soal dengan tepat waktu. Siswa
merapikan peralatan belajar setelah kegiatan pembelajaran berlangsung seperti
alat tulis pensil dan buku tulis setelah selesai digunakan. Faktor penghambat
implementasi pendidikan karakter tanggung jawab pada kegiatan pembelajaran
disebabkan adanya kebiasaan siswa saat sedang belajar yaitu memainkan
handphone saat kegiatan pembelajaran, malas mengerjakan tugas yang diberikan
oleh guru, serta mengobrol dengan teman saat kegiatan pembelajaran
berlangsung.
Kata kunci : Partisipasi siswa, Peralatan belajar, Kualitatif