Abstract :
Wili Wijayakusuma NIM: H.1710638 Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Minat
Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Gang Aut Dan SDN Empang
01 Kota Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik terhadap minat
belajar matematika di SDN Gang Aut Dan SDN Empang 01 Kota Bogor. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi kausalitas.. Populasi dalam
penelitian ini adalah 196 siswa di SDN Gang Aut dan 584 siswa SDN Empang 01. Sampel dalam
penelitian ini adalah 58 siswa dari SDN Gang Aut, SDN Roda dan SDN Empang 01. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk Google Form. Uji validitas menggunakan
penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus Korelasi Product Moment. Pengujian reliabilitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis statistik
deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil nilai signifikansi yaitu
0,054>0,05 sehingga terdapat pengaruh yang positif antara kompetensi pedagogik guru terhadap
minat belajar matematika di SDN Gang Aut dan SDN Empang 01 Kota Bogor. Hasil analisa data
juga menunjukan R Square 0,065 ini menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru memiliki
pengaruh 6,5% terhadap kualitas pembelajaran daring.
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Minat Belajar Matematika