Abstract :
Tika Lili Kartika. NIM: H.1710359 Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap
Disiplin Belajar Peserta didik di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Djuanda Bogor. 2021
Pandemi covid-19 membuat sistem pembelajaran berubah menjadi
pembelajaran jarak jauh dengan sistem online yang di mana peserta didik
melakukan pembelajaran di rumah serta perlu perhatian orang tua yang berupa
mendampingi, membimbing, dan mengawasi anak saat belajar di rumah untuk
meningkatkan disiplin belajar peserta didik selama belajar di rumah. Akan tetapi
terdapat beberapa orang tua yang kurang memberikan perhatian kepada anaknya
yang mengakibatkan kurangnya tingkat disiplin belajar peserta didik. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap disiplin
belajar peserta didik di SDN Tugu Selatan 02 tahun ajaran 2020/2021 pada masa
Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian korelasi fungsional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas V sebanyak 2 rombel kelas Va dan Vb di SDN Tugu Selatan 02 yang
berjumlah 81 peserta didik dengan sampel penelitian sebanyak 81 peserta didik.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas menggunakan
penilaian ahli dan butir instrumen dengan rumus korelasi product moment. Uji
reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis menggunakan
analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh
hasil nilai signifikansi yaitu 0,000<0,05 sehingga terdapat pengaruh yang positif
antara perhatian orang tua tehadap disiplin belajar peserta didik di SDN Tugu
Selatan 02. Hasil analisa data juga menunjukan R square 0,299 ini menunjukan
bahwa perhatian orang tua memiliki pengaruh 29,9% terhadap disiplin belajar
peserta didik.
Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar Peserta didik, Pandemi Covid?19